Sabtu, 03 Agustus 2013

Landscape Architecture

Oke, Hallo minna san..

Assalamualaikum dan selamat beramadhan semuanya, kali ini saya akan membahasa sedikit tentang apa itu arsitektur landscape.

Pertama kita kaji dulu ya apa itu Arsitektur, Kalau secara simpelnya arsitektur itu adalah ilmu, seni, dan teknologi merancang bangunan beserta fungsinya.
Lalu, apa itu landscape ? Landscape itu adalah segal sesuatu yang ada diluar bangunan, baik itu jalan taman dan segala sesuatu yang berada diluar bangunan tersebut.

Mengapa Kita perlu merancang lansekap ? Pada dasarnya kita sudah dititipi Tuhan kita bumi yang indah, kita tinggal memanfaatkan potensi yang ada itu. Dari potensi tersebut kita bisa melakukan beberapa penataan agar terlihat keindahan dan fasade yang menarik sesuai dengan yang kita inginkan.

Ayo kita bahas beberapa penataan yang bias dilakukan oleh beberapa arsitektur lansekap :

1. Taman

Taman adalah unsur paling digunakan sebagai pesolek luar bangunan. Tidak hanya rumah, bangunan - bangunan fungsional sekarang sudah banyak yang menggunakan taman sebagai penyejuk area bangunan, openspace dan juga pendukung estetika bangunan itu.

Unsur apa yang bisa kita gunakan didalam taman biasanya adalah pohon, pohon dapat dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai tingkat ketinggiannya. Selain pohon batu - batuan alam biasanya menjadi unsur penting didalam penataan taman.

 

2. Pedestrian dan Jalan

Jalan dan peestrian sudah pasti diperlukan di area luar sebagai penghubung antar suatu tempat ke tempat yang lain. Bagaimana penataan yang baik ? Jalan dan pederstrian perlu di tata sebagai penegas tempat penghubung, penataan yang paling baik adalah dengan mengikuti jejak kebiasaan manusia. manusia terkadang suka membuat jalan sendiri sebagai jalan pintas, dengan mempertegas jejak itu menjadi jalan maka fungsi jalan akan lebih efisien dan ramai.



3. Parkir

Parkir !!!! tentu saja adalah masalah utama dalam penataan landscape. Tiap mobil, motor dan kendaraan laon memiliki ukuran yang bermacam - macam. Belum lagi kita merelakan lahan cukup luas hanya untuk menaruh kendaraan kita.  Oleh sebab itulah, sebagai arsitek lansekap kita harus melakukan penataan parkir agar bisa mengefisienkan sisa lahan. Parkir yang baik biasanya memiliki pohon peneduh, selain untuk menutupi kendaraan dari panas matahari pohon juga berfungsi menmbagi angin sehingga tidak akan panas di area parkir yang luas.





Mungkin itu aja ya buat ngenalin apa itu arsitektur lansekap, semoga bermanfaat ya minna saaaaaaaaaaaaan... Byeeeeeee.. Henshin !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar