Rabu, 01 Januari 2014

Tokyo Big Sight

Halo :)

Kali ini kita akan kembali membahas hal - hal yang berkaitan dengan dunia arsitektur. Kali ini juga saya akan memperkenalkan satu building yang menurut saya cukup menarik untuk kita bahas. Bangunan ini adalah "Tokyo Big Sight". Ayo langsung kita ulas :))

Pertama, saya akan memperlihatkan line map lokasi bangunan ini, berikut gambarnya :

TOKYO BIG SIGHT Line Map

Oke, Selanjutnya kita cek dahulu Suburb Mapnya, ini dia teman - teman : 

                                     TOKYO BIG SIGHT Access Map
                                      TOKYO BIG SIGHT Access Map

Udah kegambarkan dimana lokasinya ? sekarang kita bahas tentang bangunannya guys !

Tokyo Big Sight, kalo dengan dialeg orang jepang cara bacanya adalah Tokyo Biggu Saito atau kalo dengan nama bekennya nih biasa disebut Tokyo Ekhobotion Center. Bangunan ini adalah convention center yang cukup mencolok di Jepang. Beberapa acara dengan berbagai tema cukup sering dilakukan disini. Misalnya C85 bagi otaku lovers beberapa waktu lalu.
Dikerjakan oleh Biro Pemerintah Keuangan Metropolitan Tokyo, pembangunan banguan ini ditangani oleh delapan kontraktor secara total, di antaranya perusahaan seperti Hazama dan Shimizu Corporations . Upaya konstruksi dimulai pada Oktober 1992 dan diselesaikan pada bulan Oktober 1995.

Sekarang kita bahas perbagian yaaaaaa :
.
Overview

Terletak di Ariake di Koto, Tokyo, fitur yang paling khas dari Big Sight adalah arsitektur yang unik dengan menampakan piramida terbalik. Bangunan ini menggunakan rangka baja dengan konstruksi beton bertulang , pusat konvensi dibagi menjadi tiga bidang utama, masing-masing dengan fasilitas pendukung mereka sendiri seperti restoran, Exhibition Hall , Aula Pameran dan Menara Konferensi.

Elemen arsitektur yang paling terkait dengan nama Tokyo Big Sight adalah kaca dan titanium - berpanel. Konferensi Menara muncul sebagai satu set dari empat piramida terbalik dipasang pada dukungan yang besar . Lantai pertama terdiri dari reception hall dan empat ruang konferensi dengan ukuran berbeda . Lantai kedua terdiri dari pintu masuk Plaza yang merupakan daerah akses utama, beratap kaca dan dekat dengan Event Plaza dan juga terdapat Hall Entrance yang mengarah langsung ke tempat pameran atau area eksebisi. Tidak ada yang terlalu spesial di lantai tiga sampai lima karena hanya menjadi ruang - ruang privat di bangunan ini.

Lantai enam dan tujuh dapat langsung diakses melalui eskalator dari lantai dua Entrance Hall , dan terdiri dari fasilitas konvensi utama menara . Pada lantai keenam ada sepuluh ruang konferensi kecil untuk ukuran medium , beberapa di antaranya dapat digabungkan ke dalam ruang yang lebih besar dengan menghapus partisi intervensi . Pada lantai tujuh terdapat 1000 kursi International Conference Room serta tiga ruang konferensi dengan ukuran yang jauh lebih kecil . Di lantai delapan terdapat lima ruang konferensi. 

Disekitar  Menara adalah potongan-potongan seni publik , yang sebagian besar adalah karya-karya seniman internasional seperti Claes Oldenburg dan istrinya Coosje Van Bruggen , Michael Craig - Martin dan Lee U - Fan . Dan ada pula sebuah patung gergaji raksasa, kolam yang besar dan tiga tempat duduk marmer.

The central Galleria

Layout utama Exhibition Hall terdiri dari 600 galleri di kedua sisi diapit tiga ruang pameran besar, dan memiliki parkir bawah tanah. Ketinggian keseluruhannya ialah tiga lantai , dengan tempat galeri dikedua lantai. Dengan beratap kaca Galeri ini dilengkapi  trotoar bergerak untuk mempermudah gerakan, terdapat juga eskalator dan sejumlah fasilitas lain yang relevan dan bisa membantu para pengunjung bangunan ini.
Setiap ruang memiliki atap mobile yang memungkinkan peserta pameran untuk mengontrol jumlah sinar matahari yang datang. Terdapat pula layanan elektronik dan kontrol secara berkala, kantor show, empat ruang pertemuan dan ruang ganti . Hal ini dimungkinkan untuk menggabungkan ruang dengan ruang yang berdekatan pada sisi yang sama, memungkinkan untuk lantai tipikal terus menerus sehingga akan terdapat sebuah ruang tunggal ditengahnya. 

Pada dasarnya bangunan ini memiliki 3 bagian yaitu Conference Tower, East Exhibition Hall dan West Exhibition Hall. Ini dia foto - foto tiga bagian tersebut :

  

 



dan inilah penampakan dari TOKYO BIGGU SAITO yang akan mencenganangkan teman - teman semua : 



 








NIh bonus videonya : 


Udah ya teman - teman, Semoga Bermanfaaaaaaaaaaaaaaaat !!!!!! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar